Blog yang menyediakan pelajaran, source code, dan artikel-artikel seputar pemrograman dan komputer.

Tuesday, February 21, 2012

solusi Cartridge cannot recognized printer epson stylus t13 infus

8:40 AM Posted by Vyn 10 comments
Photobucket21 februari 2012.
Lagi asik ngeprint, tiba-tiba printer berhenti dan dilayar muncul dialog box dengan tulisan "Cartridge cannot recognized" dengan 4 tinta di layar ada tanda silangnya. Sempet puyeng juga, padahal ni printer baru dibeli, belom seminggu. Kalo ngikutin petunjuk, dibilang di sono mesti ganti cartridge baru.. yang bener aja, belum seminggu mesti beli cartridge baru, mana gak ada garansinya lagi. udah dicoba dimatiin trus diidupin lagi, tetep gak bisa.. browsing sana-sini gak ada yang saya ngerti.. udah download software resetter, tapi ternyata printer saya baru kepake 3%. gak pantes banget di reset. Akhirnya saya buka penutup printernya, trus saya tekan aja tombol resume di printer sehingga cartridge pindah ke tengah-tengah.. siap untuk dicabut. Saya yang gak ngerti apa-apa tentang printer, mencoba mencabut itu cartridge, berniat memasangnya lagi. Tapi kok keras amat yak  -_- . saya nyerah.. tapi kemudian saya peratiin,, itu cartridge kok ada tombol yang nongol di atasnya. Saya teken aja tu tombol,, kok gak ada perubahan,, saya teken lagi agak lama,, gak ada perubahan juga. saya nyerah.. (untuk yang kedua kalinya).

ketika kepala semakin pusing dan emosi semakin tinggi membayangkan printer yang harus dibawa ke tukang servis padahal baru 5 hari dipake semenjak beli baru. saya memutuskan untuk mematikan printer dan laptop, takut kalau-kalau emosi tak terkendali jadi "terbanting" semua itu barang-barang.

Tapi karena otak ini emang blom puas kalo belom ketemu caranya, saya kembali memutuskan untuk menghidupkan printernya lagi, pas dihidupkan.. keluar suara-suara brisik puteran roller2 yang ada di dalem brisik banget, CTAK,,CTAK,, DRRDD DRRDD,, (APA YANG TERJADI?) aku cemas...

kemudian diam, lampu hijau menyala normal, lampu oranye tidak menyala apalagi kedip-kedip. (lho? kok tiba-tiba damai?). saya buka lagi laptop saya, saya coba print. TARAAAAAAAAAAAAAAAAAAA....... Printer saya jadi bisa lagi. hahahaha..
dan indikator isi tinta pada yang tertampil di laptop saya kembali penuh seperti semula.

saya fikir ini karena tombol diatas cartridge yang saya tekan tadi, mengembalikan nilai tinta yang ada di printer ke awal. (entah apa lah itu sebutannya). dan setelah browsing-browsing, ternyata ada juga yang mengalami hal sama. hahaha.. ternyata semudah itu.
INTINYA CUKUP TEKAN ITU TOMBOL YANG NONGOL DI CARTRIDGE (bagi yang di cartridgenya ada tombol itu)

dan terakhir,, gak pernah rusak, gak pernah memperbaiki.. gak berani jatuh, gak bisa-bisa jalan, :D

semoga artikel ini bermanfaat.

10 comments:

Unknown said...

mantep beneeeer hha langsung idup lagi boss .. maicih :)

salam kenal
-maul-

Anonymous said...

punyaq kg gk ad tomobol di tengah cartridge ya???

Anonymous said...

ASEM... PERSIS BNGT AMA GW HAHAHAHAHA GAK NGERTI APA2 SOAL PRINTER TIBA2 NONGOL GITUAN, TAKUT DI OMELIN OTAK ATIK AMPE MALEM.. BROSING2,COBA2 BUKA CARTRIDGE NYA TAPI KERAS GAK BISA2 TAKUT MALAH RUSAK... EH TIBA2 PAS DI NYALAIN SI DIA (PRINTER) MALAH BERKICAU.. PAS DI COBA PRINT TIBA2 BISA, YANG TADI NYA BLACK UDAH MAU ABIS PENUH LAGI HAHAHA.. MUDAH2AN GAK GITU LAGI DH, TANGGUNG MAU NGEPRINT SOAL BUAT UN >,<

Anonymous said...

Wowww berhasill thxx

Unknown said...

ga bisa juga gan ...... sampai pusing nich

Anonymous said...

theng kiw pisan ya gan, bener-bener ngebantu heheheheh...

Neny Kudo said...

Setelah muter sana sini, trnyata solusi nya cm pencet tombolnya... Hahaha... Super sekali... Makasih!!

Unknown said...

luar biasa.. printerku yg setahun tidak dipake ternyata bs digunakan lagi.

Ardhyan said...

mencetnya berapa lama dan sekali atau berkali" ya? mohon infonya

Muhammad Fahmi said...

thanks gans, ceritanya bermanfaat,
saya juga pencet tombol dkat catridge itu, pencet pencet aja berkali2, kadang saya tahan...
trus restart smua.

eh bisa.. wkwkwkwk